Tutorial ini saya buat untuk siswa saya yang ikut MUSE, semoga dengan tutorial ini bisa membantu belajar membuat animasi dengan macromedia flash. Materi ini baru saya berikan nanti setelah materi 2 selesai.
OK disini saya menggunakan 2 software, yaitu untuk menggambar lebah saya gunakan coreldraw 11 dan untuk animasi menggunakan macromedia flash MX Professional 2004
versi 7.0.1. Pertama gambar lebah dengan coreldraw, buat 3 gerakan
lebah yang berbeda. Setelah itu export masing-masing gambar tadi.
gambar lebah 3 gerakan
Untuk export tiap-tiap gambar lebah tadi
saya juga masih bingung harus memilih format apa, setelah mencoba-coba
akhirnya saya memutuskan untuk mengexport tiap gambar tadi dengan format
EPS (Encapsulated PostScript), mungkin nanti ada yang
bisa memberikan masukan atau solusi kepada saya format apa yang tepat
biar gambar tidak berubah sesuai aslinya pada saat masih di coreldraw.
Buka Macromedia Flash. Kemudian dari menu bar pilih insert, new symbol. Pada option nama saya beri nama “lebah terbang” dan behaviournya dipilih yang “movie clip”.
Klik OK. Nah setelah di klik OK sekarang kita bekerja pada area symbol
yang baru kita buat tadi. Langkah selanjutnya kita tinggal mengimport
lebah yang sudah kita export dari coreldraw tadi ke library.
Dari menu bar pilih File kemudian pilih import, klik yang import to library. Kalau yang dipilih import to stage maka
gambar nanti langsung tampil di stage. Pilih file gambar lebah 1.eps
kemudian klik open, setelah itu akan tampil jendela option, pada “convert pages to” pilih keyframe
kemudian klik OK. Lakukan dengan cara yang sama pada lebah2.eps dan
lebah3.eps. Buka librarynya dengan cara klik windows pada menu bar
kemudian pilih library, maka akan mumcul jendela library, dan gambar
tadi berada di dalam library tadi.
Ok sekarang tinggal memasukkan lebah tadi ke frame di timeline. Klik frame pertama pada timeline, dari library klik gambar lebah1 kemudian klik dan drag ke stage. Setelah itu pada timeline klik kanan frame 2 pilih insert blank keyframe,
kemudian dari library drag gambar lebah2 ke stage. Sekarang letakkan
posisi lebah2 sama persis di posisi lebah1, tentunya tidak akan terlihat
gambar lebah1 nya karena letaknya pada frame 1, untuk itu pada timeline klik “ Onion Skin”
untuk menampilkan bayangan gambar dari lebah1 sehingga kita bisa
menempatkan posisi lebah2 tepat pada lebah1. Dengan cara yang sama
seperti diatas, lakukan pada gambar lebah3. Kalao sudah sekarang di
timeline sudah ada tiga buah frame, tekan enter untuk melihat hasilnya.
masukan gambar lebah1 di frame 1 pada timeline
masukan gambar lebah2 di frame 2
Onion Skin
OK kalau sudah sekarang kembali ke scene awal (karena tadi kita bekerja pada movie clip) dengan cara klik scene di atas timeline. Tahap akhir tinggal memasukkan animasi yang sudah kita buat tadi (movie clip). Klik pada frame 1, dari library klik movie clip
yang tadu kita buat dengan nama “lebah terbang” kemudian drag ke stage
(posisikan diluar stage sebelah kiri, karena ceritanya nanti akan kita
buat lebah tadi terbang dari kiri ke kanan). Kalau sudah sekarang pada timeline klik kanan pada frame 45 kemudian pilih insert keyframe. Lalu klik kanan diantara frame 1 – frame 45 pilih “create motion tween”. Klik pada frame terakhir yaitu di frame 45, lalu klik lebah tadi, tekan shift dan drag/geser lebah ke arah kanan sampai keluar stage.
motion tween
Nah akhirya selesai sudah, sekarang tes movie dengan cara menekan ctrl+enter pada keyboard atau dari menubar pilih control pilih test movie.
Lebah akan terbang dari arah kiri ke kanan. Selamat mencoba, saya yakin
tutorial ini masih jauh dari sempurna jadi saran dari para animator
yang sudah punya jam terbang banyak sangat diharapkan.
How to deposit and withdraw money at the casino site
BalasHapusOnline casino bonuses are a great way luckyclub to get started with the casino and win more money than ever before. Find out how to get started! The